banner

Aliansi Jurnalis Respons Merosotnya Mutu Jurnalisme

Published: August 27, 2016

Aliansi Jurnalis Independen Luncurkan Situs Berita
Aliansi Jurnalis Independen memperkenalkan situs baru sebagai respon terhadap masalah pemusatan kepemilikan media dan merosotnya mutu jurnalisme di Indonesia. Situs online ini bernama independen.id

"Peluncuran independen.id merupakan upaya AJI untuk menjawab tantangan era media baru," ujar Suwarjono, Ketua AJI dalam rilis yang diterima Sabtu, 27 Agustus 2016.

AJI telah mendorong anggotanya di sejumlah kota untuk menggagas terbentuknya media online lokal multi-platform. "Tujuannya mendorong demokratisasi media," kata dia. Untuk tingkat nasional, AJI mendorong media nasional agar membantu media lokal tumbuh dan memfasilitasi pertumbuhan mereka lewat berbagai pelatihan, workshop, pengembangan jaringan, infrastruktur hingga distribusi konten.

Peluncuran independen.id merupakan upaya AJI menjawab tantangan era media baru. Kemajuan teknologi mengubah perilaku pembaca dan mengubah sistem produksi serta penyebaran berita. "Kadang pembaca bingung membedakan mana informasi yang bisa dipertanggungjawabkan dan mana berita hoax," kata dia.

Hal ini disebabkan standar jurnalis yang dibangun bertahun-tahun dikoyak dengan memunculkan berita sepotong. Ini bisa mengaburkan makna berita, opini, rumor atau fiksi.

Peluncuran situs independen.id ini juga bertepatan dengan resepsi peringatan Hari Ulang Tahun AJI ke-22 pada Jumat, 26 Agustus 2016 di Jakarta. Tema yang diambil adalah "Media, Ekspresi, Keberagaman." (Tempo)

Show comments
Hide comments

NO SPAM, Please...!

Contact Form

Name

Email *

Message *